Unit Kegiatan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayapura

Penjelasan

Soft skills sudah menjadi tuntutan dunia kerja maupun masyarakat pada umumnya, sehingga sudah menjadi keharusan STIKES Jayapura yang merupakan lembaga pendidikan tinggi mampu menciptakan lulusan yang disamping memilki hard skills yang berkualitas juga harus dibarengi dengan soft skills yang mumpuni. Pengembangan soft skills pada akhirnya menjadi tanggung jawab seluruh civitas akademika STIKES Jayapura, baik itu tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.
Pengembangan soft skills dapat dilakukan melalui internalisasi dalam setiap penyampaian mata kuliah, pembinaan kegiatan ORMAWA maupun pelatihan kegiatan kemahasiswaan yang positif.

1. Proses pembangunan soft skills dibidang akademik adalah terutama melalui proses pembelajaran di kelas oleh Dosen Pengampu mata kuliah dengan memasukan unsur soft skills pada setiap penyampaian mata kuliah yang ada dikurikulum pendidikan.
2. Proses pengembangan soft skills di bidang non akademik dapat dilakukan melalui beberapa bidang, antara lain :
a. Penalaran dan keilmuan
b. Bakat, minat dan kemampuan
c. Kesejahteraan
d. Kepedulian sosial
e. Kegiatan penunjang lainnya

Oleh karena itu perlu adanya sinergritas antara Dosen, Pembimbing Ormawa dan Pelatih Ormawa atau UKM dalam menamkan dan mengembangkan soft skills mahasiswa STIKES Jayapura. Disamping itu pula perlu didukung dengan kebijakan institut yang mendukung kegiatan kemahasiswaan yang mengasah kemampuan soft skills mahasiswa.



Jenis UKM STIKES Jayapura

1. UKM PADUAN SUARA
2. UKM FUTSAL